Walhi Papua Beri Bantuan Korban Banjir dan Longsor di Dogiyai  

0
13
Kunjungan Lapangan dan Pemberian Bantuan Tanggap Darurat dilakukan oleh ED Walhi Papua Maikel Peuki - Dok Walhi Papua

WALHI PAPUA – Menanggapi Bencana banjir dan longsor di Distrik Dogiyai dan Distrik Kamuu Selatan, Walhi Papua meninjau langsung lokasi bersama tim Simpul melakukan observasi, analisis serta memberikan bantuan tanggap darurat berupa makanan dan pakaian kepada korban.

Maikel Peuki Direktur Eksekutif Daerah Walhi Papua menjelaskan musibah banjir dan longsor yang melanda di kabupaten Dogiyai tersebut mengakibatkan 4 orang meninggal dunia, belasan luka-luka dan satu orang dilaporkan hilang.

“Selain itu kerugian materiil juga sangat signifikan, termasuk rumah-rumah yang rusak, fasilitas pendidikan yang terendam, serta lahan pertanian yang hancur,” ujarnya.

Menurut Peuki, berdasarkan laporan dari BPBD setempat, wilayah ini masih berpotensi mengalami hujan lebat, yang memperparah situasi di lapangan.

“Menanggapi bencana ini, Walhi Papua melalui simpul yang dibentuk oleh Akademi Ekologi di Nabire, telah mendirikan Posko Bersama Peduli Banjir dan Longsor di Dogiyai,” ujarnya.

Menurut Peuki, Posko ini berfungsi sebagai pusat koordinasi untuk penanganan darurat dan pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak. Dukungan terhadap simpul WALHI Papua yang telah mendirikan posko ini sangat penting untuk memperkuat upaya tanggap darurat dan pemulihan.

Dengan dukungan yang memadai, posko dapat meningkatkan kapasitas bantuan baik dari segi logistik maupun sumber daya manusia. Hal ini termasuk pengiriman makanan, pakaian, dan kebutuhan dasar lainnya kepada kelompok rentan seperti anak-anak, wanita hamil, dan lansia.

Selain itu, Menurut Peuki, dukungan ini juga memungkinkan dilakukan analisis lebih mendalam mengenai penyebab bencana, yang penting untuk mitigasi dan pencegahan di masa mendatang.

“Kunjungan lapangan yang dilakukan oleh WALHI Papua akan difokuskan pada observasi kondisi lapangan, wawancara dengan masyarakat terdampak, dan evaluasi kebutuhan mendesak. Selain itu, dukungan moral dan logistik kepada simpul WALHI di posko bencana akan mempercepat proses pemulihan dan memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran,” ujar Peuki.

Oleh karena itu, Peuki berharap penting untuk memberikan dukungan penuh kepada simpul WALHI Papua di posko bencana ini. Hal ini tidak hanya meringankan beban masyarakat terdampak, tetapi juga memastikan bahwa upaya tanggap darurat dilakukan secara efektif dan berkelanjutan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here