Persoalan Sampah di Kota Sorong Tak Kunjung Beres, Begini Saran WALHI Papua ke Pemkot

0
101
Tumpukan sampah di kota Sorong Raya - Dok Bank Sampah Sorong Raya

WALHI PAPUA — Sampah dan banjir menjadi persoalan yang tak kunjung beres di Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Mengenai kondisi tersebut, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Papua menilai permasalahan itu karena kelalaian pemerintah juga. Menurut WALHI Papua, tidak adanya edukasi kepada masyarakat juga menjadi satu dari faktor yang menyebabkan Kota Sorong belum terbebas dari sampah.

“Kenapa kelalaian, karena soal lingkungan ini selalu dinomorduakan atau dianggap tidak serius,” kata Direktur Eksekutif Daerah WALHI Papua Maikel Primus Peuki, Sabtu (19/8/2023).

Ia menambahkan, pemkot harus mengoptimalkan anggaran daerah dalam penanganan sampah.

Sebagaimana diberitakan, relisasi belanja APBD Kota Sorong menduduki peringkat ketiga dengan penyerapan APBD terendah di Indonesia.

Data itu berdasarkan laporan realisasi anggaran (LRA), yakni sebesar 26,15 persen saja.

Menurut WALHI Papua, tidak adanya edukasi kepada masyarakat juga menjadi satu dari faktor yang menyebabkan Kota Sorong belum terbebas dari sampah.

Maikel Primus Peuki menuturkan pengelolaan di tempat pembuangan akhir (TPA) juga perlu dibenahi.

“Ada APBD, ada APBN yang bisa digunakan, tetapi selalu lalai dalam pengolahan sampah. Apalagi soal TPA yang tidak diperhatikan secara baik,” ucapnya.

Tidak hanya itu, WALHI juga meminta pemkot mengedukasi masyarakat guna meningkatkan kesadaran pentingnya mengelola sampah.

Pemkot seharusnya berdiskusi dengan komunitas lingkungan dalam rangka mendengar saran dari pakar lingkungan, sehingga melahirkan kebijakan atasi masalah sampah.

“Pemerintah bisa coba membuka diskusi dengan teman-teman komunitas lingkungan, karena banyak komunitas terkait yang bisa membantu dan memberikan solusi dalam penanganan sampah,” kata Maikel Primus Peuki.

Apabila kebijakan terkait sampah itu telah lahir, maka pemkot berkebajiban menyosialisasikan kepada masyarakat.

Hal itu dalam rangka menekan tindakan buang sampah sembarangan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here